Rabu, 07 November 2012

pertemuan 4 akuntansi


PERTEMUAN IV

AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA (NERACA LAJUR)

Definisi Neraca Lajur
Suatu kertas/ daftar yang digunakan untuk mencatat, menyesuaikan dan menggolonhkan semua rekening yang ada di Neraca Saldo dan dibuat pada saat perusahaan akan menyusutkan laporan keuangan.

Tujuan Neraca Lajur
1. Mempermudah Penyusutan Laporan Keuangan
2. membantu menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada saat pembuatan ayat-ayat penyesuaian.
3. Memungkinkan penyesuaian laporan keuangan sementara tanpa harus menyelenggarakan jurnal      penyesuaian secara formal.


Proses Penyusunan
1. Memasukkan saldo-saldo buku rekening buku besar kedalam kolom-kolom neraca saldo pada formulir neraca lajur.

2. Memasukkan ayat jurnal penyesuaian kedalam penyesuaian-penyesuaian kolom 3 mengisi kolom-kolom neraca saldo setelah disesuaikan.

3. Memindahan jumlah-jumlah didalam kolom-kolom neraca saldo setelah disesuaikandalam kolom R/L dan neraca.

4. Menjumlahkan kolom-kolom R/L dan kolom-kolom neraca serta memasukkan angka laba bersih/ 
 rugi bersih sebagai angka pengimbang kedalam kedua pasang kolom diatas, dan sekali lagi menjumlahkan kolom tersebut.


                                                           Neraca Lajur
                                                       "Adzkia Decorator"
                                                    Per 31 Desember 200X

Tidak ada komentar:

Posting Komentar